Monday, May 18, 2009

ATM kena virus?

virus atmPerusahaan antivirus asal Rusia, Kaspersky mengingatkan bank-bank dan para nasabah untuk mewaspadai adanya virus baru yang menyerang mesin-mesin Automatic Teller Machine (ATM).

Kaspersky bersama produsen antivirus lainnya, Doctor Web, menemukan virus berbahaya yang dapat mencuri akun bank di ATM yang terinfeksi virus tersebut.

“Program itu sangat berbahaya dan mampu hidup di mesin ATM, kemungkinan besar virus tersebut memunculkan program baru yang bertujuan menggunakan informasi bank secara ilegal dan memindahkan dana nasabah,” ujar seorang pejabat Kaspersky seperti dilansir Times of India, Jumat (27/3/2009).

Menurut sumber itu, virus tersebut paling banyak menyerang mesin-mesin ATM milik American Diebold yang digunakan di Rusia dan Ukraina. Kemungkinan besar, pembuat virus itu berasal dari negara pecahan Uni Soviet.

Ditambahkannya, bank maupun nasabah tidak dapat mengetahui apakah mesin ATM itu terinfeksi atau tidak. Meskipun baru menyerang ATM dalam jumlah sedikit, kedua produsen antivirus itu mengingatkan agar bank menyiapkan software keamanan untuk mengurangi resikonya.

No comments:

Post a Comment

Followers