Monday, May 18, 2009

HARAPAN YANG TERLALU TINGGI

ampanye pemilihan umum tahun 2009 ini sudah dimulai, sejak kira-kira 3 bulan yang lalu para Caleg “Calon Legislatif” mulai memajangkan foto agar para Konstituen (Masyarakat) mengenalnya dan berharap mendapatkan suara dari mereka agar mendapat jatah kursi panas di DPR atau DPRD.
Perebutan kursi yang sedikit ini tentunya sangat akan menjadi persaingan antar Caleg yang jumlahnya tidak sedikit perbandingan kira-kira 1:10 atau lebih artinya satu kursi legislatif diperebutkan oleh lebih dari sepuluh orang caleg. Tentunya dengan ratio segitu besar persaingan menjadi sangat panas, banyak cara ditempuh muali dari kampanye terbuka di lapangan sampai kampanye tertutup door to door untuk mengenalkan diri kepada masyarakat.
Apa dampak yang diakibatkan dari besarnya rasio jumlah caleg dengan kursi yang diperebutkan? salah satunya adalah banyak caleg yang tidak akan berhasil menduduki kursi legislatif, yang seharusnya dapat diterima oleh mereka yang kalah , menerima dengan besar hati. Tapi tentunya tidak semua orang bisa mengatasi stress akibat kegagalan atau kekalahan. Sebagaian orang bisa menderita kelainan jiwa contohnya depresi atau bahkan sampai skizofrenia (gila). Korban pun sudah ada beberapa waktu lalu ada calon bupati yang akhirnya menjadi gila karena kalah dalam Pilkada “Pemilihan kepala daerah”, stress karena gagal dan akhirnya banyak utang karena banyak mengeluarkan biaya dalam pertarungan memperebutkan jabatan.
Lain pilkada lain pula pemilu. Pemilu tahun ini merupakan pemilu yang pertama kali menggunakan suara rakyat secara langsung untuk memilih wakilnya di Dewan Perwakilan tentunya jumlah Caleg sangat banyak. Misalkan saja caleg di provinsi Bali ada sekitar 5000 orang caleg memperebutkan 399 kursi legislatif, andai saja ada 10 % saja yang deperesi atau sekitar 500 orang maka mau dibawa kemana untuk mendapat penanganan kesehatan? Rumah Sakit Jiwa Bangli Bali pun seperti tidak akan cukup untuk menampungnya, jadinya Rumah sakit jadi penuh sesak dengan Caleg-caleg yang stress, depresi atau ada yang sampai skizofrenia…
Namun tetap menjadi harapan agar pada caleg yang kalah atau yang gagal dapat menerima kekalahan dengan besar hati dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang dapat mengganggu keadaan daerahnya agar tetap kondusif. Kampanyekan Pemilu 2009 ini menjadi Aman dan Damai

No comments:

Post a Comment

Followers